social-media-measurement

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Bidang Pendidikan

Hai teman-teman! Berjumpa lagi dengan saya. Di kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai dampak positif TIK dalam bidang pendidikan. Saya ingin bertanya sedikit nih sama kalian. Jika teman-teman mendapat tugas sekolah, biasanya kalian akan mengakses internet/google untuk mencari jawabannya bukan? Jika Iya, perlu kalian ketahui bahwa Itu merupakan salah satu contoh dampak positif TIK dalam bidang pendidikan lho. Jika kalian ingin tahu dampak positif lainnya. Silahkan ikuti pembahasan berikut ini.

Dampak Positif TIK Dalam Bidang Pendidikan

  • Informasi mengenai pendidikan yang diperlukan dapat diakses secara cepat dan mudah melalui media TIK.
  • Kemajuan Teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan adanya sistem pembelajaran yang berbasis pada teleconference dimana pendidik dan peserta didik tidak diharuskan berada dalam satu ruangan untuk saling berinteraksi.
  • Dengan menerapkan kemajuan TIK, sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan menjadi lebih mudah dan lancar.
  • Media massa menjadi pusat pendidikan dan sumber informasi.
  • Dengan adanya kemajuan TIK memungkinkan adanya sistem pembelajaran tanpa harus bertatap muka antara guru dengan siswa.
  • Dengan memanfaatkan kemajuan TIK, Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) semakin meningkat.
  • Dapat saling berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang ada di internet dapat dimanfaatkan oleh orang lain dimanapun dan kapanpun dengan mudah dan cepat.
  • Dapat melakukan konsultasi dengan para pakar ahli sesuai dengan bidnagnya meskipun berada di tempat yang jauh.
  • Adanya perpustakaan online memudahkan kita dalam mencari berbagai referensi keilmuan.
  • Dapat melakukan diskusi dengan seseorang tanpa harus bertatap muka secara langsung, dimana diskusi ini memanfaatkan internet sebagai perantara atau media. Diskusi semacam itu disebut diskusi online.
  • Adanya kelas Online. Kelas online ini dapat dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bisa bertatap muka secara langsung dalam kegiatan pembelajaran atau dengan kata lain kelas online dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga atau instansi-instansi pendidikan jarak jauh seperti halnya universitas dan sekolah terbuka.
  • Kemajuan TIK dapat dimanfaatkan untuk menunjang berbagai mata pelajaran yang lain di sekolah. Adanya aplikasi pengolah angka pada komputer dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbagai pemodelan matematika ditambah lagi dengan adanya aplikasi pengolah kata dapat membantu siswa untuk berkreasi menulis dan mengarang dan ada pula aplikasi-aplikasi lain yang menunjang mata pelajaran lain di sekolah.
  • Adanya berbagai aplikasi pada komputer semakin meningkatkan daya kreatifitas seorang anak untuk berkarya dan mengungkapkan gagasannya.
  • Kemajuan TIK mampu mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seorang anak. Tingkat percaya diri anak yang terbiasa mengakses komputer di rumah berbeda dengan anak yang tidak terbiasa mengakses komputer di rumah. Hal itu terlihat pada saat mereka mengakses komputer di luar rumah seperti di sekolah.

Sekian pembahasan kali ini teman. Jika ada kesalahan kata baik yang disengaja mapun tidak disengaja, saya mohon maaf. Sampai bertemu di pembahasan yang lain teman-teman.

Bagi sahabat seputar IT yang ingin mencari tahu tentang tutorial belajar internet dan computer tidak perlu bingung harus mengunjungi website apa yang tepat. Kunjungi saja link berikut Seputar IT.

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Bidang Pendidikan

Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat dan bisa membantu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s