Sidang PILPRES MK

Sidang Gugatan Hasil Pilpres di MK Dilanjutkan Jumat

JAKARTA, KOMPAS.com — Mahkamah Konstitusi menyatakan akan kembali menggelar sidang gugatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa terkait perselisihan hasil Pemilu Presiden 2014 pada Jumat (8/8/2014). Keputusan itu dikeluarkan setelah MK selesai menggelar sidang perdana pada Rabu (6/8/2014).

Ketua MK Hamdan Zoelva menjelaskan, agenda sidang selanjutnya adalah mendengar jawaban dari Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu sebagai pihak termohon. Selain itu, diberi juga kesempatan kepada pihak Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk menjawab substansi permohonan Prabowo-Hatta.

“Sidang ini ditutup dan dilanjutkan pada hari Jumat, 8 Agustus, pukul 09.00. Saat itu juga, pemohon dapat sampaikan bukti tulisan untuk disahkan,” kata Hamdan dalam persidangan di Gedung MK, Jakarta, Rabu.

Agenda sidang perdana adalah mendengarkan pokok permohonan Prabowo-Hatta dan nasihat dari hakim MK.

MK memberi waktu 1 x 24 jam kepada kubu Prabowo-Hatta untuk memperbaiki gugatannya. Jika lewat dari waktu tersebut, maka MK menyatakan bahwa kesempatan memperbaiki gugatan tak digunakan oleh Prabowo-Hatta.

Selain mendengar jawaban dari KPU dan Bawaslu, MK juga mempersilakan pihak pemohon dan termohon menghadirkan saksi dalam sidang selanjutnya. Jumlah saksi dibatasi hanya 25 orang untuk masing-masing pihak.

“Hari Jumat itu kita juga melakukan pemeriksaan saksi. Saksi awal itu 50 orang. Jadi, 25 orang dari termohon dan 25 orang dari pemohon,” ucap Hamdan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s