fait-mustahil-hacker-bisa-rekayasa-hasil-suara-pilpres

FAIT: Mustahil hacker bisa rekayasa hasil suara pilpres

Merdeka.com – Ketua Umum Forum Akademisi IT (FAIT), Hotland Sitorus mengatakan mustahil bagi hackers merekayasa hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pilpres) 2014. Dia menjelaskan, rekapitulasi penghitungan suara pilpres yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara manual telah menutup peluang hackers meretas dan mengubah hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2014.

“Mustahil hackers dapat merekayasa hasil rekapitulasi penghitungan suara pilpres. Proses rekapitulasi dilakukan secara manual dan tentunya tidak ada hubungannya dengan retas-meretas,” kata Hotland Sitorus dalam keterangan tertulisnya kepada merdeka.com, Jumat (25/7).

Hackers bisa saja meretas dan merekayasa Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres. Namun itu tidak berguna selama proses pemungutan suara di TPS berjalan dengan baik.

“Sedangkan scan model C1 yang ditampilkan di situs KPU diperuntukkan sebagai informasi bagi masyarakat. Jika scan model C1 inipun direkayasa oleh hackers tidak ada pengaruhnya terhadap perolehan suara pilpres,” ujar akademisi IT dari Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat ini.

Sebagaimana diketahui, dalam tahapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPS dan PPK, KPU tidak menggunakan model C1 hasil scan yang diunggah ke situs KPU, tetapi model C1 asli berupa dokumen fisik yang disimpan dan diawasi oleh petugas kepolisian.

“Tidak masuk akal jika ada pihak-pihak tertentu mengatakan kalau perolehan suara salah satu pasangan capres-cawapres adalah hasil rekayasa hackers. Itu pernyataan yang tidak memahami permasalahan,” ujarnya.

Sebelumnya, kubu Prabowo-Hatta, Yunus Yosfiah mengatakan ada 37 hacker asal Korea Selatan dan Tiongkok yang menggelembungkan suara golput. Bahkan disebutkan pula sekitar 4 juta suara dimanipulasi. Soal tudingan ini, pihak Korea Selatan sudah membantahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s