masjid-jin

Masjid Jin, tempat kaum jin bersyahadat di hadapan Rasulullah

Di kota suci Makkah Almukarromah, terdapat sebuah sebuah masjid yang bernama unik, Masjid Jin. Masjid yang terletak dari arah Masjidil Haram menuju pemakaman Ma’la itu diberi nama Jin bukan karena didirikan oleh para jin, melainkan tempat beberapa jin menyatakan beriman dan mengucap kalimat syahadat di hadapan Rasulullah.

Menurut Muslim Nasution dalam buku ‘Tapak Sejarah Seputar Makkah Madinah’, Masjid Jin juga memiliki disebut sebagai masjid Al Baiah. Penyebabnya, para jin telah membuat baiah (perjanjian) kepada Rasulullah untuk beriman dan menjalankan ajaran Rasulullah.

Selain itu, masjid Jin juga menjadi saksi bisu turunnya wahyu berupa Surat Al Jin. Menurut riwayat, pernah suatu kali Rasulullah bersama para sahabat menjalankan salat subuh di masjid itu.

Dalam salat, Rasulullah membaca beberapa ayat Alquran. Bacaan Rasulullah terdengar oleh serombongan jin yang sedang dalam perjalanan menuju Tihamah. Mereka kemudian berdialog dengan Rasulullah usai salat subuh. Saat itulah, Allah menurunkan wahyu berupa surat Al Jin.

Masjid Jin sendiri berukuran sedang dan tidak dapat menampung banyak jamaah. Kesan angker pun sama sekali tidak ditemukan dari bangunan itu.

Hingga kini, masjid jin tetap berfungsi seperti umumnya masjid. Masyarakat Makkah pun menggunakan masjid itu lazimnya tempat salat biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s