SEO

Internet Marketing Tanpa SEO ???

Begitu dahsyatnya Search Engine dalam membantu marketing online, hingga terbentuklah ilmu tersendiri dalam dunia IT, yakni Search Engine Optimization (SEO). Bagi seorang master SEO dan internet marketer pasti mengetahui betul perkembangan SEO. Karena itulah pekerjaannya, mau bagaimana lagi? Google yang terus menerus mengupdate algoritma pencarian memaksa para master SEO untuk terus menerus pula mempelajari logika bagaimana cara kerja google crawler berkeliaran dan bagaimana pola google crawler memetakan sebuah website.

Belakangan dipahami, google menganggap apa yang dilakukan oleh para master SEO itu semacam virus, bedanya jika virus yang aslinya dia akan bekerja mencari celah untuk bisa melumpuhkan sistem operasi, sedangkan master seo akan bekerja mencari celah logika google agar halaman yang ditargetkan si master seo tersebut bisa dinaikkan ratingnya menuju halaman pertama. Istilah kerennya “nongkrong di page one gan!”🙂. Namun ada juga beberapa master SEO yang sekuat tenaga mengeluarkan segala jurus namun bukan nongkrong di page one, tapi nongkrong di semua halaman google dengan kata kunci yang dicari. Dahsyat! Zuperr zekalee. Ini lebih bahaya lagi bagi google.

Berbagai cara dilakukan para master SEO, seperti Auto Generate Content, BlackHat SEO, backlink yang banyak, Link internal yang tanpa batas, terus menerus berkeliling-keliling disitu-situ saja, sampai pengunjung dibuat pusing nggak karuan. Hingga akhirnya google pun mengupdate algoritmanya, ada google penguin, google panda, sekarang EMC. Mungkin kedepannya google akan menyebutkan satu persatu binatang yang ada di Ragunan.😀, Ya mungkin saja, siapa yang tau kecuali staff google sendiri dan Penguasa Alam Semesta. Singkatnya google itu membuat semuanya jadi natural. Sehingga muncul kalimat-kalimat seperti “website yang baik adalah yang memiliki konten original, dengan kualitas dan kuantitas sebagai tolak ukurnya” tentunya kualitas dan kuantitas ini standarnya dibuat oleh google. Kok gitu sih?? Piye? Ya wong google yang punya search engine ne. Ya sa’ena’e google berbuat sa’udele. (translate: Kok gitu sih? GImana sih? Kan google yang punya search enginenya, ya dia bertingkah seenaknya dia)

Berdasarkan ramalan saya, meskipun saya bukan peramal, tapi saya memiliki kemampuan untuk meramal apa yang akan terjadi pada google selanjutnya, walaupun saya yakin Anda juga bisa. Tapi ya sudah kita lanjutkan saja ke pokok pembahasan. Mari. Google kedepannya mengharapkan semua website itu bergerak natural, update konten original setiap hari, mendapatkan backlink dengan cara normal, tidak ada black hat seo, dan lain sebagainya pokoknya secara natural, malah saya melihat google itu menggiring para master seo untuk menggunakan marketing versi berbayar dari google. Google Adwords. Ini salah satu mengapa ada google dance, meskipun itu baru sebatas asumsi dari saya, tapi memang faktanya begichu.

Loh akhirnya bagaimana? Balik lagi ke judul yang saya buat. Tanpa SEO pun website Anda bisa mendapatkan trafic yang banyak dengan membuat website berkualitas maksimal. Karena kedepannya tidak ada istilah “Sedikit Bekerja Banyak Hasil” tapi naturalnya kan “Banyak Bekerja dahulu baru kemudian Banyak Hasil”, saya tidak akan menjabarkan “Sedikit Bicara banyak bekerja” karena itu bukan tema kali ini, karena ada juga yang “Banyak bicara sedikit bekerja”, sudah sudah sudah, fokus ke pembahasan.

Lalu jika google menginginkan semuanya natural mengapa kita sebagai para internet marketer masih menggunakan SEO sebagai medianya? Sayang sekali bukan? Biarkan saja semua natural, jadi internet marketer pun bisa maksimal dengan Out Off The Box. Saya akan memberitahu Anda sekalian, jika website Anda ingin menjadi besar dengan trafic besar yang menyebabkan profit melimpah, maka Anda harus keluar dari kotak google. Karena meskipun website Anda besar, tapi besarnya hanya sebesar kotak pencarian google. Apakah Anda ingin disejajarkan dengan website yang memiliki konten buruk (paling cuma 20 halaman saja)? Parah sekali bukan? Dan website Anda tidak lebih dari itu. Website Anda di kelompokkan dengan website-website yang tidak selevel dengan website Anda.

Google pun menginginkan website itu bergerak natural, ya kita natural saja, banyak sekali cara internet marketing tanpa harus kecanduan SEO. Bahkan tanpa SEO pun Anda bisa mendapatkan trafic sebanyak-banyaknya, dengan maksimal dalam berinternet marketing. Menggunakan social media, dan lain-lain sebagainya, banyak sekali caranya jika Anda mengeluarkan semua kemampuan kreatif Anda. Untuk SEO, cukup on page seo saja (kedepannya saya akan menjabarkan SEO On Page 100%).

Marilah kita coba flashback beberapa periode ke belakang, bagaimana dulu facebook mengawali karirnya, yang tanpa SEO. Tapi memaksimalkan fitur websitenya dengan sedikit bermarketing. Karena marketing yang baik itu sesungguhnya hanya 1% yang dilakukan oleh marketer dan 99% dilakukan oleh konsumen. Bagaimana bisa? Ya bisa, banyak buktinya. Lalu bagaimana? Anda harus memeras otak, kedepannya saya bantu bagaimana memeras otak Anda dengan efisien. Untuk kasus yang lokal seperti detik.com, dia tidak menggunakan google pada awalnya, tapi kualitas artikel, sehingga terus menerus pengunjung berdatangan, ya karena itu tadi, 99% marketing di lakukan oleh konsumen. Begitulah naturalnya, dengan begitu kita pun secara otomatis akan muncul di google sebanding dengan effort yang telah dilakukan. Dan meskipun website Anda muncul dalam google halaman kesekian toh Anda tetap akan dapat trafic yang terus menerus seiring sejalan dengan kualitas konten website Anda. Bukan begitu? Karena dengan begini Anda tidak akan ketakutan terkena sandbox, sehingga ditendangnya website Anda dalam pengelompokan-pengelompokan website berdasarkan keyword tidak jadi masalah untuk Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s