Negara Arab Langgar Janjinya Pada Palestina

Foto: AFP

Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad menuduh, negara Arab telah melanggar janjinya kepada Palestina. Sebelumnya negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab berjanji akan memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Palestina.

Bantuan itu dijanjikan sebagai ganti atas dana Pemerintah Palestina yang ditahan oleh pihak Israel. Israel sendiri menahan dana milik Palestina sebagai tindakan balasan atas keberhasilan Palestina mendapatkan status negara peninjau non-anggota di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Saya meminta para pemimpin negara Arab untuk memenuhi janjinya kepada Palestina. Saat ini kami sangat menbutuhkan bantuan keuangan tersebut,” ujar Fayyad, seperti dikutip Ma’an News, Senin (24/12/2012).

Minggu lalu Fayyad juga sempat menyatakan, harapannya negara-negara Arab agar cepat merealisasikan janjinya tersebut. Namun sampai saat ini tidak ada tanda-tanda negara Arab akan segera memenuhi janjinya itu.

Dalam sebuah pertemuan yang dilakukan oleh Liga Arab dua pekan lalu, disetujui bantuan keuangan yang akan diberikan kepada Palestina sebesar USD100 juta atau setara dengan Rp 961,8 miliar (Rp9.618 per USD) untuk tiap bulannya. Saat itu Ketua Liga arab Nabil al-Arabi menyatakan, Qatar yang saat ini memegang kepemimpinan di Liga Arab akan mengatur koordinasi bantuan dengan negara-negara Arab yang lainnya.

Fayyad meminta segera diadakannya pertemuan darurat di Liga Arab untuk memastikan diberikannya bantuan keuangan kepada Palestina. Minggu lalu pegawai yang dipekerjakan pemerintah Palestina sempat melakukan aksi mogok selama dua hari untuk memprotes seretnya gaji mereka sejak dua bulan lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s