panasonic

Panasonic Siapkan Lisensi Teknologi Komunikasi Powerline pada Peralatan Rumah Tangga

Panasonic System Networks Corporation hari ini (30/11) mengumumkan telah siap untuk melisensi teknologi terbaru yang mereka kembangkan pada bulan Januari 2013.  Teknologi tersebut merupakan teknologi Komunikasi Powerline Berkecepatan Tinggi (HD-PLC), sebuah sistem yang dirancang untuk peralatan rumah tangga dan cocok untuk aplikasi smart house. Dimana dengan teknologi ini ukuran chip yang digunakan dapat berkurang hingga 1/3 dari ukuran HD-PLC yang lama. Teknologi HD-PLC terbaru ini mampu mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki teknologi HD-PLC, termasuk HD-PLC IEEE 1901 yang telah memenuhi standar IEEE 1901.

Teknologi HD-PLC Inside yang baru akan mengurangi ukuran HD-PLC chip yang lama hingga sepertiga dari ukuran HD-PLC IEEE 1901 Complete LSI. HD-PLC Inside juga memungkinkan untuk meminimalisasi fungsi komunikasi microcontroller dan ukuran dari memori eksternal sehingga akan mengurangi biaya total untuk sistem yang ditanamkan. Lebih jauh lagi, konsumsi listrik juga akan berkurang hingga sepertiga dari konsumsi listrik pada IEEE 1901 yang merupakan sistem standar HD-PLC 240Mbps kelas atau jenis LSI.

Dengan kelebihan tersebut teknologi HD-PLC Inside menawarkan sistem jaringan yang lebih aman dan stabil, komunikasi kabel yang unik, mampu ditanamkan pada perangkat yang lebih beragam, terutama untuk peralatan rumah tangga dan industri.

Teknologi HD-PLC Inside juga dapat digunakan sebagai infrastruktur komunikasi dari ECHONET Lite, yang direkomendasikan sebagai standar baku untuk jaringan dalam rumah oleh Smart House Standardization Committee pada Japan Smart Community Alliance (JSCA). Ini termasuk semua produk HD-PLC yang dioperasikan dengan spesifikasi komunikasi powerline IEEE 1901, termasuk produk yang menggunakan HD-PLC Inside, yang juga sesuai dengan standar European EN50561-1, standar EMC (Electromagnetic Compatibility) untuk produk Broadband Powerline Communication yang baru-baru ini disetujui oleh European Committee for Electrotechnical Standardization (CENELEC).

Panasonic pertama kali memulai lisensi teknologi HD-PLC pada tahun 2010 dan  sejak saat itu melihat ekspansi dari solusi HD-PLC dengan meluncurkan pemasaran IEEE 1901 yang memenuhi persyaratan keping HD-PLC. Modul HD-PLC untuk ditanamkan pada sistem dan adapter HD-PLC juga turut dipasarkan.

Dengan penggunaan HD-PLC Inside, powerline communication diharapkan mampu berkembang lebih dari sekedar HD-PLC pelengkap pada produk yang akan dipasarkan bersamaan dengan meningkatnya permintaan chips pendukung standar IEEE 1901 oleh LSI.

Panasonic akan terus mengembangkan sistem HD-PLC yang dapat digunakan diberbagai produk sekaligus mendukung lisensi solusi HD-PLC untuk berbagai pabrik diseluruh dunia. Dengan melakukan hal ini, Panasonic bertujuan mengembangkan teknologi PLC berdasarkan pemahaman bahwa dengan penggunaan network society dan smart grids, penggunaan energi listrik dapat dikontrol selain itu konsumsi listrik berdasarkan permintaan dan ketersediaannya juga dapat disesuaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s