Jenis Jenis Laptop berdasarkan fungsi dan bobotnya

Seperti yang sudah kita ketahui, laptop sudah bukan menjadi barang langka lagi sekarang. Mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, hingga para guru besar telah menjadikan laptop sebagai kebutuhan primer yang digunakan untuk menyelesaikan tugasnya sehari-hari.

Menanggapi hal tersebut, harga laptop dipasaran semakin murah. Tidak saja karena apresiasi rupiah, tetapi juga karena semakin banyak produsen-produsen laptop yang bersaing di pasaran.

Nah, karena sudah banyak sekali pilihan laptop. Tentunya kita bisa dibuat bingung. Untuk itulah artikel ini saya tulis. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk para pembaca yang ingin mengeluarkan budgetnya untuk membeli komputer jinjing tersebut.

Dari bobot dan fungsinya, laptop dapat dibedakan sebagai berikut :

* Desktop Replacement Laptop

Laptop jenis ini mengedepankan performa dan cenderung mengabaikan bobotnya. Bahkan, untuk satu buah laptop, beratnya bisa mencapai 3-4,5 kg. Kebayang gak tuh? Haha

Tentu saja dengan bobot seberat itu, processor dan komponen yang ditawarkan juga bisa dibilang wah. Namun jenis laptop ini kurang cocok digunakan kepada mereka yang sering bepergian mengingat besar dan bobotnya yang lumayan berat.

Namanya saja Desktop Replacement Laptop, tentunya spesifikasinya tidak jauh beda dengan PC Desktop biasa. Cuman Laptop ini dibuat agar lebih praktis dibanding komputer Desktop biasa.

* Mainstream Laptop

Laptop jenis ini paling banyak digunakan. Bobotnya berkisar antara 1,8 3,2 kg dengan layar sekitar 14-15 inci. Beberapa tipe juga dilengkapi dengan WIFI dan Bluetooth.

Laptop jenis ini relatif ringan dan praktis. Cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

* Thin and Light Laptop

Ciri-ciri utama dari Laptop ini adalah modelnya slim dan bobotnya ringan. Cocok digunakan untuk orang-orang yang mempunyai mobilitas tinggi dan sering bepergian keluar kota.

Bobotnya bisa kurang dari 2 kg. Namun harganya bisa jauh lebih mahal daripada Mainstream Laptop.

* Ultraportable Laptop

Lebih kecil dan ringan daripada Thin and Light Laptop. Ukuran layar tidak lebih dari 12 inci dengan bobot berkisar 1,5 kg. Kadang-kadang laptop jenis ini tidak dilengkapi dengan Optical Drive. Namun beberapa produsen mengikutsertakan Optical Drive Eksternal dalam satu paket Laptop tersebut.

* Tablet PC

Ini adalah jenis laptop yang mempunyai keistimewaan tertentu. Yaitu selain ringan juga dilengkapi dengan Touchscreen. Jadi kita bisa menulis dengan tulisan tangan kita sendiri di layarnya dengan menggunakan bantuan Stilus (pena khusus).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s